x

UPT Perpustakaan Makam Bung Karno Siapkan Layanan Khusus di Era New Normal

Blitar Kota - Unit Pelayanan Teknis (UPT) Perpustakaan Proklamator Bung Karno (PPBK), ikuti upacara bendera secara virtual dalam rangka peringati Hari Lahir Pancasila.

Janti Suksmarini, Kepala UPT Perpustakaan Bung Karno mengatakan, selain peringati hari lahirnya pancasila dengan mengikuti upacara bendera secara virtual, pihaknya juga mengadakan kegiatan yang bernama Rolasan. Rolasan ini membahas tentang Hari Lahir Pancasila dengan tema Pustakawan Bicara Pancasila dengan narasumber pustakawan asal Badung Bali Ibu Chokmas Sarkawati dan disiarkan secara langsung melalui media sosial di Instagram.

“Kita mengadakan kegiatan atau acara yang diberi nama Rolasa, yang membahas tentang Hari Lahirnya Pancasila dengan tema Pustakawan Bicara Pancasila yang disiarkan melalui instagram,” jelas Janti.

Janti Suksmarini juga menambahkan, meskipun peringatan kali ini cukup berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena adanya wabah Corona, pihaknya berharap hal ini tidak mengurangi esensi dari peringatan Hari Lahir Pancasila.

Dan saat disinggung mengenai new normal pun, Janti mengaku juga telah menyiapkannya. Beberapa persiapan yang telah dilakukan, di antaranya menyiapkan koleksi yang telah tervalidasi, agar pemustaka mudah mencari koleksi. Kemudian mengatur jarak fisik (Physical Distancing) selama di ruang layanan baca, hingga himbauan pada pengunjung agar selalu menggunakan masker. Sistim peminjaman online pun juga akan tetap berjalan seperti biasa. Janti Suksmarini juga menambahkan, buku yang telah dipinjam oleh pemustaka nantinya akan melewati proses sterilisasi sebelum ditata kembali di rak buku. (fan)

Share icon