x

Sukarno Festival Hadir Dengan Konsep Virtual

Blitar Kota - Pelaksanaan Sukarno Festival yang biasanya masuk dalam rangkaian peringatan Bulan Bung Karno di Kota Blitar, tahun ini hadir dengan konsep virtual untuk mendukung Pemerintah menghadapi wabah Corona. Kegiatan ini dilaksanakan melalui aplikasi meeting zoom dan disiarkan langsung melalui youtube Sukarno Festival, Pemerintah Kota dan Kabupaten Blitar, Senin (01/06/2020).

Upi Suprianto, aktivis dan pegiat Pancasila asal Kota Blitar selaku Koordinator Nasional Sukarno Festival mengatakan sudah sejak 2013 lalu menyelenggarakan Sukarno Festival bersama lintas komunitas Blitar raya. Tahun ini, ia membuat gebrakan besar berskala nasional. Tujuannya untuk menggaungkan nilai Pancasila dan perjuangan Bung Karno. Sehingga masyarakart tidak akan lupa dengan ideology bangsa dan perjuangan Sang Proklamator, dalam memperjuangkan bangsa. Mengambil tema “Pancasila Sebagai Dasar Negara”.

Upi mengatakan, dalam kegiatan ini melibatkan tokoh-tokoh nasional, di antaranya Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, Gatot Koco Suroso, Ketua Satgas Rakyat, Thony Saut Situmurang, Ketua Rumah Bhineka, Yudian Wahyudi Asmin, Ketua Badan Pembina Ideologi Pancasila, termasuk pejabat daerah Santoso, Wali Kota Blitar, dan Rijanto, Bupati Blitar.

“Dengan media yang kami miliki, kami berharap penerus bangsa tidak lupa dengan Ideologi Bangsa, karena mereka sekarang kan menggunakan media instagram, youtube, tik tok.  Dengan kita membangun portal-portal seperti ini, temen-temen muda bisa mendengarkan kami,” jelas Upi.

Sementara itu, Drs. H Santoso M.Pd, Wali Kota Blitar dalam sambutannya, memberikan apresiasi tinggi terhadap semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya Sukarno Festival. Meski dilaksanakan virtual, menurutnya kegiatan ini sangat tepat karena bisa menjadi media untuk menyatukan ide, gagasan, dan kreativitas pecinta Sukarno, di tengah wabah Corona. Pihaknya berharap, peserta Sukarno Festival bisa meneladani perjuangan Bung Karno, serta melaksanakan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.  

“Sukarno Festival yang dilakukan untuk memperingati Bulan Bung Karno ini, Alhamdulillah, dengan segela keterbatasan yang ada, semangat menyalakan semangat Api Bung Karno tetap bergelora. Saya sangat mengapresiasi kepanitiaan Sukarno Festival, karena akan mendorong kreativitas dan inovasi ke depannya,” tegas Santoso.

Dalam Sukarno Festival ini, juga ditampilkan Pidato Presiden Bung Karno Mengenalkan Lambang Negara melalui Wayang Suluh, Rumah Garuda Yogyakarta, Tari Enggar Trysna dari Paser Kalimantan Timur, dan sajian lagu dari Band Hanz Project Blitar, Jawa Timur. (Kir)

Share icon