x

Sidak Pasca Libur Lebaran, Pastikan ASN Tetap Disiplin

Blitar Kota - Selasa (26/05/2020), Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Blitar kembali masuk kerja, pasca libur lebaran tanggal 24 dan 25 Mei 2020. Untuk tetap memastikan kedisiplinan ASN, Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Blitar melakukan inspeksi mendadak atau sidak di tiap-tiap kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lPemkot Blitar.

Suyoto S.Pd.,M.Pd, Kepala BKD Kota Blitar mengatakan, sidak rutin ini dilakukan untuk memastikan kedisiplinan ASN di Kota Blitar berjalan dengan baik. Tahun ini, pihaknya membagi tim untuk mendatangi kantor OPD, dan memastikan pegawai yang berstatus ASN dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) sudah ada ditempat pada pukul 08:00 WIB. Hasil sidak menunjukkan, tidak ada ASN yang tidak masuk kerja tanpa alasan alias bolos. Terdapat 57 pegawai yang tidak masuk, dengan rincian dua orang sakit, satu orang cuti diluar tanggungan negara, cuti melahirkan  satu orang, dinas luar sebagai petugas pencatatan pernikahan di Gereja satu orang, jaga piket 37 orang, dan turun piket 15 orang.

“Alhamdulillah nihil, bagus untuk tahun ini,” tegas Suyoto.

Suyoto menilai, tingkat kedisiplinan ASN pada lebaran tahun ini meningkat dibanding tahun lalu. Menurutnya, hal ini juga berkaitan dengan larangan mudik yang ditetapkan Pemerintah bagi ASN dan PTT.

“Tahun lalu memang ada mungkin satu dua, karena tahun lalu mudik juga tidak dilarang kan,” jelas Suyoto.

Sementara itu, BKD telah menetapkan sanksi tegas bagi ASN yang nekat bolos dihari pertama masuk kerja pasca lebaran, maka yang bersangkutan tidak akan mendapatkan jatah TPP bulan berikutnya. (Kir)

Share icon