x

Pemkot Blitar Adakan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Tim Pokja Pengarus Utamaan Gender Kota Blitar

Blitar Kota - Kamis, (15/10/2020), Pemerintah Kota Blitar mengadakan Rapat Koordinasi dan Pembinaan Tim Pokja Pengarus Utamaan Gender Tahun 2020, di ruang Sasana Praja Kantor Wali Kota Blitar. Rapat ini bagian dari tindak lanjut dari Instruksi Presiden No.9 tahun 2000 Tentang Pengarus Utamaan Gender. 

Endang Sulistyani, Kepala Bidang Ketahanan Keluarga dan Pemberdayaan Perempuan Kota Blitar usai rapat mengatakan, tujuan dari adanya rakor pengarus utamaan Gender ini untuk membangun komitmen dalam mengawal pembangunan yang berwawasan Gender. Kegiatan-kegiatan maupun program pengarus utamaan Gender harus berdasarkan komitmen, kebijakan, program, alat analisis dan adanya dukungan dari masyarakat. 

"Mudah-mudahan dengan adanya pembinaan seperti ini, tentunya kedepan kita harapkan disetiap perencanaan ataupun pelaksanaan kita lebih responsive Gender," ungkap Endang.

Sementara itu, Rudy Wijanorko, Sekretaris Daerah Kota Blitar usai membuka sekaligus memberikan penghargaan Gender Champions di rakor ini mengatakan indeks pembangunan Gender dan pemberdayaan Gender. Rudy menjelaskan, kedepan kesetraan gender di Kota Blitar menjadi perhatian, dan diimplementasikan dalam program-program kerja Pemerintah Kota Blitar. 

"Gender Champion ini kita berikan ya karena mereka ini responsif terhadap Gender, kegiatannya luar biasa bahkan peduli sesama. Mereka ini penggiat penggiat Gender luar biasa," kata Rudy.

Rakor ini diikuti oleh 55 peserta, terdiri dari kepala OPD, Perwakilan lembaga vertikal, lembaga masyarakat, serta perwakilan pengusaha dengan tetap menerapkan Protokol Kesehatan Covid-19. (Fix) 

Share icon