x

Komisi III DPRD Kota Blitar Road Show ke OPD Mitra Kerja

Blitar Kota - Komisi II DPRD Kota Blitar melakukan kunjungan atau road show ke OPD Mitra Kerja, untuk memantau realisasi anggaran, implikasi serta pengaruh refocusing anggaran penanganan Covid-19.

Totok Sugiharto, Ketua Komisi III DPRD Kota Blitar mengatakan, kunjungan ini berlangsung mulai tanggal 02 sampai 05 Juni 2020. Beberapa OPD yang disasar diantaranya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Perumahan Rakyat, Dinas Lingkungan Hidup, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Komunikasi Informastika dan Statistik, serta beberapa OPD lainnya. Totok mengatakan upaya  yang dilakukan ini untuk mengetahui serapan anggaran jelang semester I APBD 2020, juga untuk mengetahui implikasi atas perubahan asumsi kebijakan umum pandemi Covid-19, dari sisi penganggaran di OPD. Hasil kunjungan nanti akan dikonstruksi ulang, untuk perubahan APBD 2020.

Totok menegaskan, kunjungan ini diawali di Dinas Lingkungan Hidup, Selasa 02 Juni 2020. Realisasi yang berhasil dicapai dinas setempat sebesar 16 milliar. Anggaran dinas yang semula 37 milliar rupiah, kini dipangkas menjadi 21 milliar rupiah, untuk penanganan Covid-19.

“Jika hasil pemangkasan tidak semua terserap, maka akan dikembalikan ke dinas setempat melalui perubahan APBD 2020, atau nanti masuk ke APBD tahun 2021, kata Totok.

Totok menambahkan, dalam kunjungannya kerja ini pihaknya juga akan memberikan beberapa rekomendasi agar OPD bisa memprioritaskan pekerjaan tertentu, agar Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD )2016-2021 bisa tercapai. (Kir)

Share icon