x

Ketua DPRD Minta Pemkot Blitar Segera Siapkan New Normal

Blitar Kota - Hal itu disampaikan Syahrul Alim, Ketua DPRD Kota Blitar usai melakukan ziarah di Makam Bung Karno dalam peringatan Hari Lahir Pancasila, Senin (01/06/2020).

Syahrul mengatakan, terdapat beberapa rekomendasi dari dewan untuk Pemerintah Kota Blitar dalam menyambut New Normal yang saat ini tengah digodok oleh Pemerintah pusat. Diantaranya inventarisasi masalah dampak wabah Corona, dan beberapa hal yang mungkin saja terjadi selama penerapan New Normal. Misalnya dibidang kesehatan menjadi pokok krusial, bagaimana Pemerintah Kota bisa mengantisipasi jika ada kemungkinan cluster baru di Kota Blitar. Mengingat sampai saat ini, pemerintah daerah belum bisa melakukan pemeriksaan PCR, sehingga masyarakat pun harus dipastikan siap untuk  menyambut kebijakan ini.

“Segala kemungkinan itu bisa terjadi, makanya kita harus benar-benar persiapkan,” jelas Syahrul.

Syahrul menilai, sejauh ini persiapan yang dilakukan pemerintah Kota sudah cukup bagus. Namun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, misalnya tentang pembukaan kembali lembaga pendidikan dan pondok pesantren. Pemerintah Kota Blitar diminta merumuskan mekanisme yang tepat, agar langkah tersebut tidak menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat.

“Untuk pembukaan lembaga pendidikan memang saat ini masih dalam proses pembahasan dan musyawarah. Ada banyak yang harus dipertimbangkan, kalau bisa jangan dibuka dalam waktu dekat,” kata Syahrul.

Sementara itu, Pemerintah Kota Blitar mulai mempersiapkan diri, jika sewaktu-waktu kebiajakan New Normal dicanangkan Pemerintah Pusat. Persiapan itu dimulai dari penetapan Kampung Tangguh di tiga kecamatan, phisycal distancing di pasar tradisional, dan lain sebagainya. (Kir)

Share icon