x

Kasus ISPA Dominasi 10 Penyakit Teratas di Kecamatan Sukorejo

Blitar Kota - Berdasarkan data dari UPTD Puskesmas Kecamatan Sukorejo, Kota Blitar, penyakit yang mendominasi di wilayah setempat pada kurun waktu Januari hingga Mei 2020 yakni infeksi ISPA non spesifik.

Wisma Yuniar, Kepala UPTD Puskesmas Kecamatan Sukorejo mengatakan, berdasarkan dari data 10 penyakit terbanyak,  jumlah warga yang terserang ISPA tercatat sebanyak 2.957 orang. Penyakit terbanyak selanjutnya secara berturut-turut yakni Hipertensi sebanyak 2.105 kasus, Commond Cold 1.026 kasus, Headache 6.93 kasus, dan Diabetes Millitus terbanyak ke lima dengan jumlah warga yang terserang sebanyak 671 kasus. Kemudian ISPA Spesifik tercatat sebanyak 609 kasus, Myalgia 594 kasus, Grastritis 562 kasus,  Myalgia Multiple Site 504 kasus, serta warga yang terserang Atopic Dermatitis tercatat sebanyak 426 kasus.

Wisma mengatakan, penyakit-penyakit tersebut dipicu oleh berbagai faktor resiko yang di antaranya gaya hidup yang tidak sehat, kurang aktivitas fisik diet tidak sehat, merokok, serta sanitasi lingkungan tidak sehat dan lainnya.   

"Untuk masyarakat kita tetap melakukan Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) kemudian Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, serta selalu cuci tangan memakai sabun," Ujar Wisma, saat dikonfirmasi oleh tim Mahardhika, (29/05/2020)        

Wisma menambahkan, Puskesmas Kecamatan Sukorejo telah melakukan berbagai upaya untuk menangani 10 penyakit tertinggi itu melalui promotif dan preventif dengan melaksanakan promosi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat (GERMAS). (fan)

 

Share icon