x

Jumlah Pendonor Darah di PMI Kota Blitar Menurun

Blitar Kota - Masa mewabahnya Virus Corona berdampak di berbagai sektor. Termasuk pendonor darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Blitar.

Eko Hariyanto, Sekretaris Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Blitar mengatakan, meski kebutuhan darah masih dapat tercover namun jumlah pendonor darah selama mewabahnya Virus Corona ini mengalami penurunan yang signifikan. Eko juga menjelaskan, selama mewabahnya Virus Corona permintaan darah oleh Rumah Sakit di Kota Blitar juga mengalami penurunan yang biasanya mencapai 30 kantong per hari, kini hanya 15 sampai 20 kantong per hari. Menurut Eko,  permintaan yang saat ini sering di cari oleh Rumah Sakit adalah golongan darah O dan AB.

“Stok darah kita golongan darah A jenis WB 28, golongan darah B jenis WB 122, golongan darah O jenis WB dua jenis  TC lima  dan golongan darah AB jenis WB 0 jenis TC dua,” jelas Eko saat dikonfirmasi di ruang kerjanya Sabtu (30/05/2020)

Eko Hariyanto menambahkan, dari update data  per tanggal (29/05/ 2020), terdapat 214 kantong. Sedangkan update data per tanggal (30/05/2020) terdapat 152 kantong yang terdiri dari golongan darah A berjumlah 28, golongan darah B berjumlah 122, serta golongan darah O berjumlah dua,dan yang terakhir golongan darah AB nihil. (fan)

Share icon