x

Imunisasi Balita Tetap Berjalan Ditengah Pandemi Corona

Blitar Kota - Dinas Kesehatan Kota Blitar pastikan Imunisasi anak di Kota Blitar tetap berjalan meski di tengah wabah Corona. Sebelumnya imunisasi anak dilakukan di puskesmas induk, namun karena ada wabah Corona, saat ini imunisasi dilakukan melalui puskesmas pembantu di setiap kelurahan kelurahan. Hal ini dilakukan guna menekan penyebaran virus Corona.

Muhammad Muchlis Kepala Dinas Kesehatan Kota Blitar mengatakan,  imunisasi tetap dilakukann karena ini merupakan kegiatan rutin berkala dan terjadwal. Imunisasi dilakukan kepada Bayi, Balita, anak-anak dan pasangan di usia subur.

Muchlis juga menambahkan, pihaknya menghimbau agar tenaga medis pelayan posyandu tetap melaksanakan imunisasi dengan memperhatikan Protokol Kesehatan. Muchlis menegaskan, ketersediaan vaksin untuk imunisasi di  puskesmas di Kota Blitar masih tercukupi, karena pihaknya rutin melakukan update dan monitoring, sebelum vaksin habis Dinkes Kota Blitar sudah meminta petugas untuk mengambil vaksin ke Dinas Kesehatan Provinsi.

“Selama ini imunisasi tetap dilakukan, karena ini kegiatan yang penting terejadwal dan berkala,” kata Muchlis, Sabtu, (30/05/2020)

Hal ini sesuai dengan ungkapan Triyana Sulistyaningsih, Kepala Puskesmas Kepanjenkidul mengatakan, saat ini imunisasi dilakukan di wilayah kelurahan masing-masing setiap hari Senin. Untuk puskesmas induk dilakukan setiap hari Kamis. Di Puskesmas Kepanjenkidul sendiri, Triyana mengatakan imunisasi yang dilakukan adalah imunisasi dasar seperti Polio, Mr, DPT dan Campak yang setiap sembilan bulan sekali dalakukan pada balita.

“Selama ini kita imunisasinya di Puskesmas pembantu. Soalnya kita juga menghindari kerumunan. imunisasi ya tetep dilaksanakan terus, ibu-ibu harus peka kalau waktunya imunisasi ya datang,” tambah Triyana saat dihubungi tim redaksi Mahardhika melalui telephone

Share icon