x

BLT Tahap Kedua, Tunggu Arahan Dari Kemensos

Blitar Kota - Pemerintah Kota Blitar melalui Dinas Sosial telah menyelesaikan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama beberapa waktu lalu. Namun hingga saat ini penyaluran belum 100% karena adanya beberapa faktor.

Drs.EC. Priyo Istanto,  Kepala Dinas Sosial Kota Blitar mengatakan, penyaluran BLT tahap pertama mencapai 97,3%. Menurut Priyo terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi penyaluran BLT tahap pertama belum 100%, misalnya adanya penerima yang sudah meninggal, pindah domisili, dan sebagian menolak bantuan karena merasa sudah mampu. Saat ini dinas setempat masih merekap data BLT yang gagal disalurkan untuk selanjutnya dikirim ke Kementrian Sosial RI. Priyo mengatakan masih menunggu arahan dari pusat terkait perbaikan data, dan mekanisme penyaluran tahap ke dua. Jika memang ada perbaikan dari Kemensos, maka pihaknya akan kembali melakukan penyisiran penerima bantuan BLT. Namun jika tidak ada perbaikan, maka dimungkinkan kuota penerima BLT di Kota Blitar berkurang.

“Ya kalau tidak perbaikan berarti nanti kuotanya berkurang. Kita tunggu saja bagaimana arah pusat, karena ini kan rencananya pemberian akan diperpanjang. Rencananya begitu, tapi saya juga belum tau pasti,” jelas Priyo, saat dikonfirmasi Sabtu (23/05/2020) 

Priyo mengatakan, penerima BTL Kota Blitar saat ini mencapai 8.640 orang. Dengan rincian, 215 orang penerima melalui rekening, dan 8.425 orang penerima melalui kantor pos. Seluruhnya berhak atas bantuan senilai Rp. 600.000 tanpa potongan.

“Ada yang menerima lewat kantor pos, ada yang menerima di rekeningnya,” kata Priyo.

Priyo menegaskan, BLT diberikan selama tiga bulan selama wabah Corona terhitung, yakni mulai bulan April hingga Juni 2020. Kategori penerima adalah mereka yang terdampak wabah Corona, diluar penerima BPNT dan Rastrada. (Kir)

Share icon