x

Beberapa Agenda Besar Bulan Bung Karno Ditangguhkan

Blitar Kota - Sejumlah agenda tahunan di Kota Blitar ditangguhkan selama mewabahnya virus Corona. Tidak hanya agenda Hari Jadi, serangkaian kegiatan di Bulan Bung Karno pun ditiadakan, mengkuti kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran virus Corona.

Tri Iman Prasetyono, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Blitar mengatakan, sudah menyipkan serangkangkain kegiatan Bulan Bung Karno sejak jauh hari. Pihaknya bahkan menargetkan, kegiatan itu bisa berlangsung sepanjang bulan Juni. Mulai dari Grebeg Pancasila sampai Haul Bung Karno, tahun ini terpaksa ditiadakan karena Wabah Corona. Disamping itu, Pemerintah Kota Blitar telah memangkas sebagian anggaraan untuk penanganan percepatan virus Corona, sebesar 400 juta rupiah.

“Sudah dari tahun lalu kita buat Bulan Bung Karno itu meriah. Kegiatan kita tetapkan sepanjang bulan Juni, minimal selama 21 hari. Tapi memang kondisi sekarang seperti ini” kata Tri Iman.

Namun demikian, Tri Iman menegaskan peringatan bulan Bung Karno tetap diselenggarakan dengan sederhana. Menurutnya, sudah menjadi kewajiban pemerintah dan masyarakat Kota Blitar, untuk tetap menggaungkan ruh “Bulan Bung Karno” ditengah wabah Corona. Tri Iman mengatakan,  peringatan diawali tanggal 01 Juni 2020/ yang diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Akan dilakukan upacara kecil di Makam Bung Karno dilanjutkan dengan ziarah bersama jajaran forkopimda,  dengan tetap memperhatikan protocol kesehatan pencegahan virus Corona.

“Grebeg pancasila yang terdiri lentera lampion, lomba tumpeng itu tidak ada. Lalu Blitar Creative Festival, Pekan Seni Bung Karno, lomba menghafal biografi Bung Karno juga tidak ada,  wayangan di tanggal 06 Juni 2020, Haul Bung Karno di tanggal 20 Juni 2020, dan sholawatan tanggal 27 Juni 2020 itu kita tangguhkan karena Corona” jelas Tri Iman.

Selain upacara kecil di tanggal 01 Juni 2020, Pemerintah Kota Blitar juga akan menyelenggarakan selamatan dengan konsep sederhana di tanggal 06 dan 20 Juni 2020, sebagai peringatan Hari Ulang Tahun Bung Karno. Tri Iman mengajak masyarakat agar tetap bisa meneladani nilai Pancasila serta perjuangan Bung Karno meski ditengah wabah Corona. (Kir)

Share icon